Uncategorized

Di balik surga untuk para istri

Reblog dari blog istri tercinta 🙂

Intan Farida Yasmin

Bismillahirrahmanirrahim…

sebelumnya, saya meminta maaf jika dalam penulisan ini masih banyak hal yg perlu diperbaiki atau jauh dari kesempurnaan. Karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT, dan hanya Dia lah yang Maha Paling Tahu. Saya hanya ingin menuliskan hal-hal yang saya pelajari dan dapatkan dari diskusi dan pengajian, semata-mata untuk pengingat saya sendiri yang masih banyak kekurangan sebagai hambaNya dan juga sebagai seorang istri.

Awalnya, ketika saya belajar tentang Islam, yang saya tahu adalah surga itu terletak di bawah kaki ibu, yang saya kaitkan perlunya berbakti pada orang tua terutama pada ibu karena beliaulah yang melahirkan, menyusui, membesarkan, dan mendidik kita. Karenanya saya berusaha untuk selalu menjadi anak yang menuruti orang tua, terutama ibu saya. Meskipun terkadang berbeda pendapat, namun berusaha selalu saya untuk menyenangkan dan menuruti kata-kata ibu saya. Simple. Saya hanya tak ingin jadi anak durhaka. Dan tentunya tak dipungkiri saya pun menginginkan surgaNya.

Seiring berjalan waktu, Allah SWT…

View original post 1,068 more words

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Tanggapan Terhadap Tuduhan “PKSvsPKI”

Sy akan mencoba untuk mengklarifikasi ttg kultwit “PKIvsPKS” oleh akun yg diyakini sbg Prof Sahetapy. Rasa untuk perlu melakukannya, selain agar benderang, juga krn isinya yang benar-benar mencengangkan (sy baru selesai membaca seluruh 340 twit itu) atas fitnah yg sangat tidak berdasar dan penuh rasa benci.

Berikut link tulisan PKS versus PKI.

Ini klarifikasi berdasar pengetahuan sy. Bismillah

1. Pengertian komunisme, menurut orang ini, adalah egois dan menganggap pahamnya saja yg benar. Sy heran, pengertian ini dari mana? Setelah membaca pengertian komunisme dari berbagai sumber, tdk ada yg menunjukkan pengertian atau sifat yg disebutkan ini. Mungkin orang2 yg memiliki minat terhadap ilmu politik bisa menjawab ini? Ini pengertian komunisme yg sy dapat:

“communism, the political and economic doctrine that aims to replace private property and a profit-based economy with public ownership and communal control of at least the major means of production (e.g., mines, mills, and factories) and the natural resources of a society.” (encyclopedia britannica)

“1.a theory or system of social organization based on the holding of all property in common, actual ownership being ascribed to the community as a whole or to the state.2.( often initial capital letter ) a system of social organization in which all economic and social activity is controlled by a totalitarian state dominated by a single and self-perpetuating political party. (Dictionary.com)

2. “Bagi para politikus, agama adalah bisnis” Twit ini jelas2 menunjukkan bahwa dia menganggap semua parpol yg berbasis agama berpolitik dgn menjadikan agama sebagai bisnis. Kita tau parpol berbasis agama tdk hanya pks. Apakah ia menganggap semua parpol itu menjadikan agama sebagai bisnis?

3. Bahasan mengenai islam, politik, dan negara sangatlah panjang. Mempelajari dan memahaminya sendiri mungkin butuh waktu bertahun-tahun. Namun, dlm Islam, agama, politik, negara, bahkan ekonomi bukalah hal yg terpisah. Islam mengatur berekonomi sebagaimana ia mengatur solat. Islam mengatur bernegara sebagaimana ia mengatur berhaji. Dalam kitab fiqh, selalu ada pembahasan mengenai bernegara.

4. Ia bilang, jika Islam diterapkan dalam pemerintahan,tidak semuanya kan menerima. Namun sayangnya, sejarah menorehkan tinta emas mengenai pemerintahan Islam. Kita sering dengar pemerintahan yg berbasiskan Islam, selain sangat menjamin kerukunan beragama, juga membawa ke kemajuan dan kesejahteraan. Salah satu contoh ialah Andalusia. Cordoba saat itu dikenal sbg pusat ilmu pengetahuan. Di Granada, ada jembatan batu yg sangat megah, yg menghubungkan dgn La Mesquita. Saat Ratu Isabella dan kawan2nya menginvasi ke sana, mereka heran, bagaimana mungkin bisa membangun jembatan yg begitu megah di zaman itu? Kedamaian pun berakhir ketika ratu itu mengambil alih Andalusia. Di spanyol, ada lembah yg diberi nama “Anjing Terjatuh”, karena lembah itu merupakan tempat orang-orang muslim dijatuhkan ke jurang pasca invasi Isabella….(kisah ini diceritakan sendiri oleh orang Spanyol).

5. Kita perlu memahami “politisasi agama”, yg berarti benar-benar menjadikan agama sbg senjata politik. Sy beri contoh seorang yg sebelumnya ga pake jilbab, namun pake jilbab saat ada agenda politik, lalu dilepas setelah agendanya selesai. Siapa dia? Ga perlu disebut, krn bukan untuk mencari kambing hitam. Yg dikritisi bukanlah pelakunya, melainkan kelakuannya. Hal ini berbeda dgn “Islamisasi politik”, yg berarti mencelupkan warna islami ke dlm pemerintahan.

6. Di twit ini, sangat sangat sangat banyak pernyataan bahwa pks “memaksakan ajaran mereka”. PKS disebut memaksakan “keadilan distributif ala Islam”. Pertanyaannya, sejak kapan pks memaksa? Apakah pks di parlemen pernah memaksakan pemberlakuan syariat Islam? Pernah memaksa utk memotong tangan bagi pencuri? Apakah gubernur jawa barat Ahmad Heryawan atau gubernur sumatera utara Gatot Pujo pernah memaksakan syariat islam di peraturan pemerintahnya?Bagaimana mungkin pks memaksakan kehendak mereka, padahal masuk ke dalam Islam saja ga ada paksaan, karena Allah berfirman, “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat.” (Al Baqarah: 256) (atas dasar ayat Al Quran ini pula kita tidak bisa membenarkan tindakan ISIS)

7. Ada apa dengan “keadilan distributif ala islam”? Pernahkah orang ini mempelajari ttg keadilan distributif tersebut? Distribusi di sini sangat berbeda dengan distribusi komunis. Islam mengenal hak kepemilikan. Setiap orang berhak atas harta yang diperoleh dengan jerih payahnya. Distributif ala Islam memastikan bahwa harta kekayaan tidak menumpuk di orang-orang tertentu saja. Karena itulah Islam mewajibkan umatnya berzakat, agar harta juga beredar di orang-orang yang membutuhkan. Islam juga melarang harta ditumpuk tanpa ada pemanfaatan, melainkan harta harus terus berputar, supaya terus termanfaatkan. Adakah yang salah dengan keadilan distributif ini? Mengapa orang ini mempermasalahkan? Apakah orang ini menentang “keadilan distributif” karena mendukung ekonomi kapitalis ala negara liberal? Entahlah.

8. PKS juga dianggap menyebarkan paham universal internasionalis. Dia pun mengatakan Indonesia tidak bisa disamakan dengan dunia luar. Pernahkan pks menginginkan Indonesia sama dengan dunia luar? Dalam acara-acara resmi pks, tidak jarang menampilkan tarian dan budaya tradisional. Apakah pernah ada usaha pks menghilangkan budaya-budaya tradisional dan menggantinya dengan budaya arab? Para kader dan politisi pks jarang (atau mungkin ada yg ga pernah) memakai baju gamis ketika berkegiatan. Selain menggunakan kata-kata seperti “ana, antum” dalam kondisi terbatas, kader partai juga tidak canggung memakai kata “gua, elu”. Apa maksud dari pernyataan orang ini “menyamakan Indonesia dengan dunia luar”?

9. Dia menyatakan bahwa paham yang menginginkan Indonesia menjadi Negara Islam harus dibersihkan. Mendiskusikan Negara Islam sangatlah panjang. Namun, negara Islam bukanlah berarti mengganti identitas Indonesia menjadi “Negara Islam Indonesia”, melainkan tetap sebagai “Negara Kesatuan Republik Indonesia” yang diberkahi oleh Allah melalui penerapan ajaran-ajaran Islam yang sama sekali tidak merugikan siapa pun termasuk nonmuslim. M. Natsir, dalam pidatonya di sidang konstituante, menerangkan bahwa Islam sama sekali tidak merusak apa yang telah tertulis dalam Pancasila, malah melengkapinya. Jika diterapkan, M. Natsir menambahkan, tidak akan sedikit pun merugikan dan mengurangi hak kaum minoritas, sebaliknya malah menguntungkan. Perlu dicatat, parpol yang berazaskan Islam tidaklah melanggar konstitusi. Usaha parpol atau pihak untuk mewarnai pemerintahan dengan nilai-nilai Islam selama tidak melanggar konstitusi negara (sebenarnya tidak akan pernah melanggar karena tidak bertentangan) adalah dibolehkan. Karena itu, jika ada pihak yang ingin membersihkan paham ini maka itu menunjukkan mereka sebenarnya tidak siap berdemokrasi.

10. Prof Sahetapy menjelaskan bahwa “siapa pun yang menentang pemahaman pks, maka oleh kader pks disebut sebagai antiIslam”. Wah, ini tuduhan yang sangat serius. Pernahkah ada kader pks yang demikian? Apakah orang-orang muslim yang tidak memilih pks berarti antiIslam? Tidak setuju dengan apa yang disampaikan pks disebut antiIslam? Benar-benar ide yang sangat konyol. Tidak pernah sekalipun ada ajaran semacam ini. Gerakan-gerakan dakwah yang tidak sepaham bahkan menentang pks ada banyak. Namun tidak pernah pks mencaci dan menyebut mereka musuh, melainkan mereka dipanggil sebagai “saudara seiman yang berbeda jalan”.

11. Orang yang memberikan klarifikasi atas tuduhan yang diberikan kepada pks maka akan disebut “membela mati-matian pks”. Yahh, hal ini sudah sangat umum. Setiap kader partai yang membela dan mengklarifikasi partainya akan disebut ”membela mati-matian” dan “fanatik buta”. Hal yang sama juga pernah diarahkan ketika para dokter turun aksi ke jalan menuntut keadilan atas dokter Ayu. Sy menulis klarifikasi ini pun mungkin akan disebut “membela mati-matian pks”, heheh.

12. Di twit no. 63, disebut partai lain yang melawan pks sesungguhnya melawan ideologi komunis. Ideologi islam yang dibawa pks disamakan dengan komunis. Padahal, tidak sedikitpun apa yang dibawa pks seperti ajaran komunis yang telah disebutkan di atas. Setiap kader berhak atas harta yg diperolehnya. Komunis secara politik berarti hanya mengakui satu partai, yaitu partai komunis. PKS sendiri berkoalisi. Adakah pks tidak mengakui eksistensi partai lain dan menganggap HANYA partainya yang benar sendiri? Bukankah pks berkoalisi? Orang ini jg bilang pks adalah komunis agamis. Padahal tokoh komunis, Stalin, mengatakan agama hanyalah takhayul yg menghambat produktivitas. Tokoh komunis Cina jg membuat pernyataan terkenal “religion is a poison”.

13. “PKS lebih peduli palestina ketimbang TKI”. Prof Sahetapy udah pernah baca berita ini belum ya? Monggo bagi yg belum baca jg bisa diintip:

Kampanye di Semarang, PKS kumpulkan dana untuk TKI Satinah

PKS Usulkan Pembenahan Perlindungan TKI

PKS dan TKW-TKI di Malaysia

14. Palestina bukan hanya isu milik umat Islam, terlebih hanya milik pks. Dikatakan oleh prof ini bahwa tindakan membenci AS merupakan warisan ajaran Uni Sovyet kepada para partai komunis semenjak perang dingin. Apa hubungannya isu palestina dengan Uni Sovyet dan partai komunis? Memangnya rusia menentang Israel dan terang-terangan membantiu palestina? Dihubung-hubungkan bahwa pki dan pks sama-sama menjadikan AS sebagai musuh bersama Sejak kapan pks menjadikan AS musuh bersama? Bukankah banyak sekali kader pks yang belajar menuntut ilmu ke negeri paman sam sana? Seorang petinggi partai, Nur Mahmudi Ismail (kini walikota Depok), meraih gelah Phd Science Food and Science Technology di Texas A & M University, Amriki. Tidak pernah AS dijadikan sebagai musuh, melainkan kebijakan-kebijakan politik luar negerinya yg merugikan umat. Bukan rahasia lagi bahwa AS merupakan negara penyumbang terbesar ke Israel. Saat PBB mengajukan voting utk pengusutan kejahatan kemanusiaan di Gaza, AS malah menolak. Karena ini, bukan hanya pks yg membenci kebijakan tersebut, melainkan juga para pejuang kemanusiaan di seantero dunia.

15. Demo menentang kekerasan Israel bukan hanya di Indonesia. Kawan-kawan kita di eropa sana akan bisa bercerita panjang lebar tentang aksi  turun ke jalan dan boikot besar-besaran produk Israel. Ini bukan di Indonesia, tp di eropa. Malah dokter-dokter di belgia menolak pasien yahudi (semoga dokter-dokter di Indonesia tidak meniru langkah ini karena dokter telah disumpah untuk menangani pasien tanpa membedakan ras dan agama). Tapi oleh prof ini seolah-olah pks ikut-ikutan pki memusuhi AS dan Israel. Benar-benar pendapat yang aneh. Apa prof ini juga mau mengatakan orang-orang yg peduli dengan palestina di seluruh dunia sebagai kader pks?

16. PKS lebih mementingkan internasional ketimbang nasional. Prof, apa anda pernah melihat kader-kader pks yg turun di bencana Aceh, Padang, dll? Kisah aksi kemanusiaan kader di bencana Aceh sekilas diceritakan di buku “Sepanjang Jalan Dakwah”. Silakan intip kalau penasaran. Terlebih kader yang turun sebagai relawan di berbagai organisasi kemanusiaan. Ga terhitung jumlahnya. Mereka turun tangan walau tidak atas nama pks atau berlabel partai. Masih ingin menyebut mereka turun ke aksi kemanusiaan hanya untuk tujuan kekuasaan? Tidak lain untuk mengaplikasikan ajaran Rasulullah saw. yang sering disampaikan di pengajian rutin mereka: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. Ahmad, Thabrani).

17. Di twit no. 106, disebutkan bahwa zionisme merupakan kekuasaan yang ingin diciptakan AS. Lalu di twit no. 107, “Sayangnya, negara/gerakan yg tdk sepaham dengan imperialis hanyalah komunis…hanya kedua paham ini yg ada”. Twit ini merupakan yang paling mengejutkan. Apa maksudnya? Benarkah twit ini tulisan orang sekelas professor? Orang yg menentang imperialisme AS berarti orang yg berpaham komunis??? Berarti, jika tidak ingin menjadi komunis, kita harus mendukung paham liberalisme dan kapitalisme AS? Apakah semangat gotong royong negara kita sejalan dengan liberalisme dan kapitalisme, yang hanya mengutamakan kepentingan individual? Twit ini menyiratkan bahwa orang ini merupakan pendukung dan pro AS.

18. Twit no. 111 & 112 menuliskan pki tuding pebajabat hidup mewah sebagai orang liberal. Demikian juga pks. Ini dari mana informasinya ya? Kader pks ada banyak macamnya, mulai dari orang-orang kaya, yang didapat dari wirausahanya maupun profesinya, hingga orang yang serba kekurangan. Kader yg hidup dengan fasilitas mewah jumlahnya tidak sedikit. Dalam satu kelompok pengajian rutin, bukan hal yg aneh anggotanya terdiri dari orang yg kaya dan orang yg kesulitan keuangan. Meskipun beda status ekonomi, namun tetap mereka duduk bersebelahan. Malah guru ngajinya yg kekurangan ketimbang anggotanya jg hal yang biasa saja. Cerita anggota kelompok pengajian rutin membantu teman sekelompoknya yg membutuhkan sudah bukan berita asing. InsyaAllah mereka yg hartanya lebih menyadari kewajibannya untuk menyucikan hartanya melalui zakat dan sedekah. Lalu prof ini menuding pks menyebut orang yg hidup mewah sebagai orang liberal?

19. Twit no. 115-117 menuliskan bahwa kebencian terhadap AS merupakan ajaran Uni Sovyet. He! Hehehe! Aneh-aneh aja professor ini. Argumen ini seperti yang dibuat-buat.

20. No. 120: berdasarkan sejarah musuh Indonesia adalah Jepang, Belanda, dan NICA Inggris (maksudnya prof ini mengajak Indonesia—saat ini—memusuhi jepang dan belanda?). No. 123-124: AS yg membebaskan Indonesia dari penjajahan Jepang melalui bom atom (wah, prof, tau ga kalau cerita bom atom bagi rakyat AS sendiri adalah hal yang sangat memalukan? Native speaker asal amriki sendiri yg ngomong begitu. Sekarang prof ingin memasukkan dalam pelajaran sejarah bahwa seolah AS berjasa terhadap kemerdekaan Indonesia?). No. 125-126: pks mengajak memusuhi musuh komunis yaitu AS (apa hubungannya memusuhi kebijakan AS yg ga manusiawi dgn komunis?). No. 128-129: Israel blm pernah berkonfrontsi dgn Indonesia, tp secara misterius Indonesia memusuhi Israel karena agama (prof, suka baca berita? Yg mengecam Israel bukan cmn umat Islam. Bahkan PBB pun turut “mengecam”. Berapa jumlah masyarakat eropa dan negara-negara lain yg mengecam aksi kejahatan Israel? Ah, itu tanyakan aja ke teman prof yg di sana, punya kan?)

21. No. 139: PKS mencap kafir, dajjal, tukang fitnah, togut, musyrik kpd musuh-musuhnya. Musuh-musuh di sini maksudnya Israel dan kebjikan luar negeri AS? Yahh, kalau itu sih bukan cmn pks pak yg ngomong begitu.

22. Di twit selanjutnya dikatakan kemiripan pki dan pks adalah kemampuannya mengorganisasi massa dalam aksi turun ke jalan. Hoo, jadi ente mau nyebut para buruh, guru, dan mahasiswa yg lebih sering turun ke jalan secara terorganisasi sebagai pki?

23. No. 164: GAM mirip Ikhwanul Muslimin (IM), yaitu pergerakan dari senjata ke partai politik. Profesor yg terhormat, pernahkah anda membaca kisah IM di Mesir? Tidak pernah sekalipun IM menggunakan senjata. Mulanya ia adalah organisasi keagamaan yg berkembang menjadi organisasi politik, kemanusiaan, klub olahraga, dll. Yang ada malah kader-kader IM ditembak dan dibantai pemerintah Mesir. Pernah baca berita aksi kader IM dan masyarakat Mesir yg mendemo kudeta penggulingan Mursi, presiden yg terpilih sah secara demokratis? Ada berita mereka berdemo sambil menembakkan senjata? Kok yg sy baca malah mereka yg ga bersenjata ditembaki oleh para tentara ketika solat subuh ya?

24. No. 174-175: terjadi pelonjakan suara luar biasa karena politik identitas pks tahun 1999-2004. Wah prof, kalau hanya mengandalkan identitas berjualan agama, knp hal yg sama ga terjadi di partai Islam lain seperti PPP, PAN, PKB, dan PBNU ya?

25. No. 180-181: yg berseberangan dgn pks siap-siap disebut musuh Islam dan antek asing. Astagfirullah prof! Kapan ada orang pks yg bilang begitu? Organisasi Islam yg berseberangan dan malah ga suka dgn pks ada banyak, tp kok pks ga menyebut mereka antiIslam ya? Mereka malah menyebutnya tetap sebagai saudara. Pernah ada kader pks yg bilang bahwa orang yg ga sepaham dan ga milih pks sebagai antiIslam? Siapa? Kapan? Di mana? Tuduhan anda sangat serius prof!

26. No. 183: ketika Qurasih Shihab (QS) mengatakan blablabla tentang nabi Muhammad saw., pks langsung mengeroyok. Setau sy, prof ini adalah nonmuslim. Mohon maaf prof, dengan segala hormat, jika anda memang bukan muslim, sebaiknya tidak usah ikut berkomentar tentang hal ini. Pernah membaca hadis-hadis Rasulullah saw.? Jelas sekali bahwa beliau saw. dalam banyak hadis telah dijamin oleh Allah masuk surga karena rahmat Allah. Dalam video ceramah QS, kita bisa mendengar—dengan sangat jelas—dia mengatakan bahwa Muhammad saw. tidak dijamin masuk surga. Dan dari apa yg sy liat dan dengar, yg memprotes ini bukan hanya kader pks, tp umat muslim secara umum. Terang saja kita memprotes hal ini karena ini berkaitan dengan aqidah yg merupakan fondasi agama. Ucapan QS ini jg didengar oleh banyak masyarakat, sehingga harus segera diluruskan. Alhamdulillah, QS melalui websitenya pun akhirnya mengakui bahwa Rasulullah saw. telah dijamin masuk surga oleh Allah.

27. No. 186: pks membuat agama politik, agama baru (kami berlindung dari fitnah seperti ini. Syahadat kami sama, ajaran kami pun sama, yaitu dari Al Quran dan sunnah, ga ada yang baru. Politik bukan hal yg baru bagi Islam, sebagaimana yg telah dijelaskan). No. 198: musuh AS cmn komunis doang (oh, begitu ya prof? kok kyknya anda membela mati-matian AS?). No. 203: pki dan pks berprinsip berpihak ke yg peluang menang paling besar (loh, kok yg sy dapati itu adalah prinsip semua parpol ya? Kalau pks berprinsip kyk gtu, knp pas pilkada Jakarta kemarin ga dukung Jokowi aja? Pas pemilu jateng, yg merupakan basis merah, dukung Ganjar Pranowo aja? Pas pilpres kemaren jg dukung jokowi aja?). No. 214: pks masuk ke TNI melalui Wiranto dan keluarga Cendana melalui Titiek Soeharto (DUUAAARRR!!!). No. 230: nentang pks secara gamblang, besok dianggap musuh Islam (kami berlindung dari fitnah keji seperti ini). No. 271: media pks salah satunya VoA Islam (VoA Islam media pks? Ga salah prof? Wong pernah ada artikel voa Islam yang mencaci pks. Atau, anda bilang voa Islam sbg media pks krn di media itu banyak tulisan provokatifnya, sehingga ingin menghubungkan pks dgn gerakan teroris? Hmm!)

28. No. 190 dan 291: pks lebih perhatian kepada palestina ketimbang papua. Pernahkah bertemu kader pks di papua? Pernah dengar cerita pengabdian dan dakwah mereka bagaimana? Pernah juga bertemu kader pks yang bekerja sebagai dokter ptt di sana? (sy sendiri jika berkesempatan ingin sekali ptt di papua, insyaAllah)

29. No. 289: salahnya AS ke Indonesia ialah berlawanan dgn paham komunis. Sekali lagi kami tergaskan prof, yg kami musuhi ialah kebijakannya yg merugikan umat Islam, seperti di Irak dan Gaza. Dan yg menentang kebijakan seperti ini bukan cuman pks, tapi jg manusia yg berpkiran jernih. Jadi anda ga perlu membela mati-matian amriki.

30. No. 297: hidup sama rasa sama rata ala pki dijiplak pks. Hal ini sudah dijelaskan, bahwa kondisi kader pks sangat beragam. Tidak pernah ada aturan batasan kekayaan dan hak kepemilikan. Yang ada hanyalah kewajiban berzakat dan bersedekah.

31. No. 308: pks bibit pemberontakan. No. 312: potensi kekerasan tertanam dalam ajaran pks. No. 314: utk melawan musuh, pks menghalalkan jalan kekerasan. Pernah dengar kader pks membuat kerusuhan? Ketika aksi turun ke jalan dan kampanye, penah pks berbuat rusuh dan kekerasan? Sy pernah dengar kampanye parpol yg berakhir rusuh dan tindak kekerasan, tp sepertinya itu bukan pks. Sudah, tidak perlu disebut di sini siapa pelakunya. Yang perlu kita kritisi adalah perilakunya. Mengenai ajaran kekerasan, silakan prof mengikuti pengajian pekanan kami, untuk mengetahui apa saja yg diajarkan. Silakan mengunjungi DPC atau DPD terdekat. Partai membuka pintu bagi nonmuslim sekalipun, karena memang ada pengurus partai yg nonmuslim.

32. Di twit ini berkali-kali sang prof mengklaim dirinya bukan antiIslam. Ya, mungkin dia tidak anti jika umat muslim melakukan ibadah-ibadah ritualnya, seperti solat, puasa, dan haji. Namun, ketika nilai-nilai Islam sudah masuk ke tatanan sosial, resah pun mulai muncul. Terlebih jika Islam masuk ke dunia politik. Jelas sekali orang ini ingin membersihkan pemikiran Islam mewarnai politik. Dan yang ingin memberangus gerakan Islam dalam dunia politik bukanlah hanya seorang ini, melainkan ada banyak. Sangat banyak. Hal ini persis seperti perkataan Muhammad Natsir bertahun-tahun lalu:

Islam beribadah itu akan dibiarkan. Islam berekonomi akan diawasi. Islam berpolitik itu akan dicabut seakar-akarnya

Demikian klarifikasi ini sy buat. Semoga bermanfaat.

Salam hangat.

Categories: Uncategorized | 2 Comments

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: