[FOTO] Seperti Kura-Kura, Menatap Desir Ombak Pantai Sungkun, Lombok Timur

DSCN0443

Bibir selatan pulau Lombok masih menyimpan eksotismenya. Seolah-olah sedang menjaga miliknya yang berharga, pantai-pantai dengan pasir jernih dan laut biru pekat masih ia sembunyikan. Bukankah untuk memperoleh keindahan, sering manusia harus berjuang dan berkorban? Mungkin itulah yang hendak diajarkan oleh pulau Lombok.

Salah satu pantai yang masih bersih dan murni ialah pantai sungkun, atau biasa disebut juga dengan pantai kura-kura. Masih belum banyak ia dikunjungi. Lokasinya pun sulit diakses, membuat perjalanan untuk menempuhnya terasa semakin menggairahkan. Jangankan saranda dan fasilitas penunjuang rekreasi, papan petunjuk menujunya saja masih pelit untuk menampakkan diri.

Ada beberapa jalur yang bisa dilalui untuk mencapai pantai tersebut. Pantai ini terletak di desa Pemongkong, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur, propinsi NTB. Untuk mencapainya, ambillah jalan menuju Lombok Timur, kemudian ke arah Keruak. Di Keruak, belok ke arah kecamatan Jerowaru. Di Jeroawu sebenarnya banyak pantai yang bagus dan masih sepi. Salah satu yang terkenal ialah pantai Pink. Butir-butir alga dicampur dengan percikan air dan sinar matahari membuat pasirnya terlihat berwarna pink.

Setelah berbelok ke arah Jerowaru, ikuti papan petunjuk ke arah pantai Pink/pantai Kaliantan/pantai Surga. Kita bisa ke pantai Sungkun melalui jalur Kaliantan atau Surga. Pengguna mobil hanya bisa mencapainya melalui jalur pantai Surga. Saya pribadi belum pernah melalui pantai Kaliantan. Teman yang pernah mencoba ke Sungkun melalui Kaliantan bercerita bahwa jalan di sana benar-benar jelek dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor.

Ikuti Petunjuk ke Arah Panti Surga

Ikuti Petunjuk ke Arah Pantai Surga

Ikuti papan jalan ke arah pantai Surga. Ikuti jalan raya beraspal, dan di sebelah kiri akan terlihat kantor Desa Ekas. Tak jauh di depan akan ada pertigaan dengan ke kanan berupa jalan berkerikil. Ambil jalan ke kanan itu dan nikmati jalanan yang rusak. Kita pun akan diminta berhati-hati akan melalui turunan pasir yang cukup curam. Persis setelah turunan ada penginapan yang cukup dikenal warga lokal yang bernama “Planet on The Heaven”. Ambillah jalan lurus terus.

Setelah Melewati Kantor Desa Ekas, Belok Kanan untuk ke Jalanan Berkerikil

Setelah Melewati Kantor Desa Ekas, Belok Kanan untuk ke Jalanan Berkerikil

Beginilah Penampakan Jalan ke Pantai-Pantai di Lombok Timur

Beginilah Penampakan Jalan ke Pantai-Pantai di Lombok Timur

(catatan: jika tidak berbelok kanan ke arah pantai Surga, bisa juga melalui jalan lurus terus; terus hingga ke ujung dunia. Di ujung sana akan ditemui pantai juga (kami menamakannya “Pantai Ujung Dunia” karena berada di ujung). Pantai Ujung Dunia pula memiliki pemandangan yang menarik dengan bukit-bukit yang membentang. Sebelum pantai tersebut ada belokan kecil ke kanan. Ambillah belok kanan dan ikut jalan berpasir-batu dan menanjak, terus hingga jalannya menurun. Setelah turun, ada pertigaan–pertigaan dengan jalan yang ke arah pantai surga. Beloklah ke kiri. Atau, jika ingin menikmati pantai Ujung Dunia terlebih dulu, jalan ke Sungkun juga bisa dilalui dengan melewati jalan berbukit pantai Ujung Dunia. Setelah menanjak layaknya mobil off-road, ambil jalan ke kanan.)

Setelah melewati penginapan Planet, tak jauh akan ada jalan kecil belok ke kanan. Belokan ke dua (yang jalannya sempit dan berupa tanah) merupakan arah ke pantai Surga. Ambillah jalan lurus terus, menanjak, untuk ke Sungkun. Berhati-hatilah terutama yang menggunakan mobil karena tanjakan tersebut beralaskan pasir. Jika hujan sepertinya jalan tersebut akan sangat licin dan saya tidak tahu apakah memungkinkan untuk dilewati atau tidak. Setelah menanjak, jalan menurun. Gunakanlah gigi rendah (gigi 1) untuk keamanan.

Pertigaan, dengan Belok Kanan ke Pantai Surga. Ambillah Jalan Lurus untuk ke Sungkun

Pertigaan, dengan Belok Kanan ke Pantai Surga. Ambillah Jalan Lurus untuk ke Sungkun

Setelah ambil turun jalan akan menjadi datar lurus, lalu akan ada pertigaan. Di pertigaan, menempel di batang pohon, ada papan kecil bertuliskan “Pantai Kura-Kura” dengan tanda panah ke kanan. Ambillah ke kanan.

Pertigaan. Belok Kanan untuk Sampai di Sungkun

Pertigaan. Belok Kanan untuk Sampai di Sungkun

Tak lama kemudian, pantai Sungkun dengan hallmark berupa pulau kecil berbentuk seperti kura-kura di tengah laut.

Voila! Sampai juga di Sungkun

Voila! Sampai juga di Sungkun

DSCN0450

Pulau Berbentuk Kura-Kura yang Merupakan Khas dari Pantai Sungkun

DSCN0408

DSCN0414

DSCN0410

Bukit Sebelah Utara

Bersama kura-kura raksasa

Pantai Sungkun cukup luas dengan di sebelah utara dan selatan terdapat tebing membentuk bukit. Jika mau, bukit tersebut dapat dinaiki. Jalut ke bukit utara cukup terjal namun memungkinkan untuk dilalui. Di atas bukit, kita akan bisa melihat pemandangan ombak yang menderu ke arah pasir pantai dari atas. Pulau kura-kura pun terlihat jelas.

Jalan terjal ke bukit sebelah utara

Jalan terjal ke bukit sebelah utara

Pemandangan dari atas bukit

Pemandangan dari atas bukit

Pemandangan dari atas bukit

Pemandangan dari atas bukit

Selfie in front of a giant turtle :)

Selfie in front of a giant turtle 🙂

Bukit sebelah selatan juga (sepertinya) memungkinkan untuk dinaiki, dan mungkin jalurnya lebih mudah. Untuk ke sana mesti berjalan cukup jau dari bukit selatan. Jika punya tenaga dan waktu cukup luang, puaskanlah rasa penasaran dengan menaikinya.

Sedikit catatan, jika ke pantai ini di hari libur, biasanya ada orang-orang nongkrong yang akan menghampiri wisatawan. Mereka akan memalak “uang kebersihan pantai” sebesar 20 ribu atau 30 ribu. Fenomena tersebut memang sangat menjengkelkan. Meski demikian, tetap kemegahan pantai Sungkun benar-benar menyenangkan untuk dinikmati, walau harus melewati panasnya matahari Lombok selatan dan perjalanan yang sangat jauh nan rusak.

Advertisements
Categories: catatan perjalanan, Foto | Tags: , , , , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “[FOTO] Seperti Kura-Kura, Menatap Desir Ombak Pantai Sungkun, Lombok Timur

  1. Asslkm…. critanya bagus… Insyallah saya minggu ney mw touring ksana breng temen2… Makasi infonya… Ohya saya ingin perkenalkan diri saya, saya Lazwardy Perdana Putra, biasa dipanggil didik. Saya sorg Apoteker Provinsi NTB.. saya bertugas di Balai Kesehatan Mata Masyarakat NTB. Kalo ada waktu mampir di blog saya, diditpharm.blogspot.com. Blog yg isinya crita2 ngetrip saya brsama teman2.. Smoga qta selalu menjadi tmn sejawat yg akrab yakni traveler bloger.. Amiiinnn

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: